Selamat Datang Di Blogger Saya. Semoga Anda Mendapatkan Ilmu Pengetahuan Di Sini Sesuai Dengan Kebutuhan Anda Dan Puas Dengan Isi Artikelnya. Salam Admin :)

" Translate "

Awas ! Dampak Buruk Jika Kencing Berdiri Bagi Kehidupan


Kencing merupakan aktifitas pengeluaran kotoran berupa cairan dari dalam tubuh, dari kencing inilah semua cairan yang membawa racun maupun zat tidak berguna dibuang, bagi kaum laki-laki kencing dilakukan dengan cara berdiri, dan untuk perempuan lazimnya dilakukan sambil jongkok. Dimana kebiasaan ini sudah menjadi hal yang harus dilakukan oleh setiap insan untuk mengeluarkan sisa-sisa air yang sudah tidak digunakan lagi bagi tubuh. Yang mana melakukan kebiasaan buang air kecil atau kencing dengan berdiri, sehingga bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Memang manusia sudah diatur oleh berbagai etika yang ada, yang salah satunya pada saat membuang air kecil atau kencing. Untuk kebanyakan pria, kencing berdiri seperti sudah menjadi kebiasaan. Bahkan di wc umum khusus pria, tempat yang disiapkan berbentuk tempat kencing berdiri. Salah satu alasan pria kencing berdiri yaitu mempermudah waktu membuka celana serta dapat lebih cepat.

Secara medis kencing berdiri adalah penyebab utama penyakit kencing batu pada semua penderita penyakit tersebut dan merupakan salah satu penyebab penyakit lemah syahwat bagi sebagian pria. Namun terkadang masih banyak orang, terutama kaum pria yang membuang air seni mereka dengan menerapkan etika yang kurang tepat. Ternyata banyak sekali akibat buruk kencing berdiri bagi kesehatan tubuh kita. Kalau kita orang muslim pasti tahu bahwa Rasulullah melarang umatnya agar tidak kencing dengan berdiri. Kencing merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan oleh setiap manusia. Sebab, buang air kecil adalah cara tubuh membuang zat sisi yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Menurut Pandangan Dalam Agama Islam

1. Dalam agama Islam ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah ra, “Rasulullah SAW tidak kencing sambil berdiri, jangan dibenarkan. Beliau tidak pernah kencing sambil berdiri.” Orang jaman dahulu masih meyakini jika kencing sambil berdiri akan menimbulkan dampak sisa cairan saat sholat, kadang setelah kita kencing dan melakukan sujud, ada sedikit tetesan yang keluar yang membuat shalat tersebut tidak sah, itulah salah satu akibat kencing beridiri.

2. Sesungguhnya banyak siksa kubur dikarenakan kencing maka bersihkanlah dirimu dari (percikan dan bekas) kencing. (HR. Al Bazzaar dan Ath-Thahawi).

3. Hadis riwayat Ibnu Abbas r.a, ia berkata: Rasulullah saw. pernah melewati dua buah kuburan, lalu beliau bersabda: Ingat, sesungguhnya dua mayit ini sedang disiksa, namun bukan karena dosa besar. Yang satu disiksa karena ia dahulu suka mengadu domba, sedang yang lainnya disiksa karena tidak membersihkan dirinya dari air kencingnya. Kemudian beliau meminta pelepah daun kurma dan dipotongnya menjadi dua. Setelah itu beliau menancapkan salah satunya pada sebuah kuburan dan yang satunya lagi pada kuburan yang lain seraya bersabda: Semoga pelepah itu dapat meringankan siksanya, selama belum kering. (Shahih Muslim No.439).

Secara agama, kebanyakan orang yang biasanya kencing berdiri kemudian mereka akan mendirikan shalat, ketika akan ruku’ atau sujud maka terasa ada sesuatu yang keluar dari kemaluannya, itulah sisa air kencing yang tidak habis keluar sempurna ketika kencing sambil berdiri, apabila hal ini terjadi maka shalat yang dikerjakannya tidak sah karena air kencing adalah najis dan salah satu syarat sahnya shalat adalah suci dari hadats kecil maupun hadats besar.

Sehingga Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasalam sering mengingatkan dalam sabdanya: “Hati-hatilah dalam masalah kencing karena kebanyakan siksa kubur dikarenakan tidak berhati-hati dalam kencing”.

Umumnya kita memandang ringan terhadap cara dan tempat buang air, mungkin karena pertimbangan waktu atau situasi dan kondisi yang mengharuskan (terpaksa) untuk kencing berdiri tanpa menyangka keburukannya dari sisi sunnah dan kesehatan. Dan perlu anda ketahui, bahwa kencing atau buang air kecil dengan posisi jongkok akan bisa memiliki dampak positif, yang tentunya lebih memperlancar dalam proses pembuangan air seni dalam tubuh. Dan sebaliknya, bahwa buang air kecil sambil berdiri malah akan bisa berdapak buruk bagi tubuh Anda.

Saat hendak memasuki kamar mandi atau toilet hendaknya kita berdoa agar selalu diberi keselamatan oleh Allah SWT dan dihindarkan dari hal-hal buruk yang seharusnya tidak terjadi. Maka dari itu kita harus selalu mengucapkan do'a ketika hendak memasuki atau keluar dari kamar mandi. Kita harus senantiasa membaca do'a karena seperti yang kita ketahui bahwa syetan dan jin selalu mengikuti kita kemana kita pergi. Maka dengan membaca do'a maka mereka akan pergi dan tidak mengikuti kita khususnya pada saat kita melakukan aktivitas di kamar mandi.

Do'a Ketika Masuk Kamar Mandi (WC)

"ALLAHUMMA INNII A'UUDZU BIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAAITSI"
Artinya : “ Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dan setan perempuan.”

Do'a Ketika Keluar Kamar Mandi (WC)

"ALHAMDULILLAHIL LADZII ADZHABA ANNIL ADZA WA 'AAFANII";
Artinya : “ Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dan telah membuatku sehat.”

Manfaat Dari Berdoa Ketika Masuk Dan Keluar Kamar Mandi

Ketika Masuk

Pada saat kita mandi atau ingin kencing, tentunya kita dalam keadaan telanjang. Dengan berdo'a, maka Aurat kita tidak akan terlihat oleh syetan dan jin. Dan dengan berdo'a juga maka kita akan terhindar dari perbuatan buruk. Kita tidak dapat mengira kapan kita akan mati bukan? bisa saja sewaktu-waktu kita mati di kamar mandi. Jika sebelumnya seseorang mengucapkan do'a ketika akan memasuki kamar mandi, maka insyaallah dia mati dalam keadaan Khusnul Khotimah.

Ketika Keluar

Ketika berada di kamar mandi tentu kita melakukan sesuatu seperti "BAB, kencing dsb" kegiatan tersebut adalah membuang kotoran yang ada di dalam tubuh kita. Maka hendaknya setelah melakukan itu dan saat kita keluar dari kamar mandi, kita mengucapkan terimakasih kepada Allah SWT karena telah memberi kita kesehatan dan telah menghilangkan kotoran dan penyakit dari dalam tubuh kita. Allah akan senantiasa menambah nikmat orang yang mensyukuri nikmat yang ia berikan. Disunnahkan juga untuk menyegerakan keluar WC apabila hajat sudah selesai, bukan malah bernyanyi-nyanyi apalagi sambil baca buku atau Koran.

Ketika buang air dilarang menghadap atau membelakangi qiblat, apabila lubang WC menghadap qiblat hendaknnya ketika buang air badan agak diserongkan sedikit
Dari Ayyub Al-Anshori r.a. berkata : “Nabi SAW bersabda : “Jika kalian buang air maka jangan menghadap kiblat dan jangan pula membelakanginya, tetapi hendaklah ke arah selatan atau utara” (H.R. Bukhari Muslim dalam Alu’lu wal Marjan Jilid 1 No 148)
Dalam hal ini mereka berdalil kepada hadits Abu Ayub Radhiyallahu Anhu bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:

"Apabila kamu ingin membuang air besar, kamu janganlah menghadap kiblat. Begitu pula janganlah kamu membelakanginya sewaktu kencing dan buang air besar. Sebaliknya menghadaplah ke timur atau ke barat." (Al-Bukhari dan Muslim).

Dampak Kencing Berdiri Menurut Ilmiah

1. Jika saat buang air kecil dalam keadaan berdiri akan tidak sempurna membuang semua kotoran dalam kandung kemih yang dapat terjadinya kanker prostat. Begitu pula sebaliknya, tekanan saat buang air kecil dalam keadaan jongkok akan lebih sempurna sehingga membuang semua kotoran dalam kandung kemih yang dapat mencegah terjadinya kanker prostat.

2. Tahukah kalian ?. Pembuangan air seni dalam tubuh dengan cara berdiri, bisa juga menimbulkan penyakit yang tak terduga. Sisa air seni dan gas racun memang seharusnya bisa dikeluarkan secara maksimal dari tubuh. Jika pembuangan urin dan gas tersebut tidak maksimal, maka bisa memberikan dampak buruk, meskipun dalam jangka panjang. Berbeda bila anda membuang air kecil sambil jongkok, maka semua air seni dan gas bisa keluar secara maksimal, dan tidak akan menimbulkan penyakit bagi tubuh. Alhasil, kesehatan tubuh anda bisa tetap selalu terjaga dengan baik dan sehat.

3. Sisa metabolisme tubuh dalam urin jika tidak terbuang semua dapat menyebabkan menumpuknya kotoran yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit kandung kemih dan juga lemah syahwat pada laki-laki.

4. Perlu anda ketahui bahwa kencing berdiri juga akan bisa menimbulkan kencing batu. Hal demikian karena air seni yang masih tersisa dalam kandung kemih terlalu lama, akan bisa mengkristal dan menyebabkan terjadinya kencing batu. Sehingga hal demikian hendaknya bisa diwaspadai agar pada saat anda membuang air kecil, bisa menggunakan cara yang tepat yaitu dengan jongkok. Kenyataan membuktikan bahwa batu karang yang berada dalam ginjal atau kantong seni adalah disebabkan oleh sisa-sisa air kencing yang tak habis keluar dengan sempurna. Maka endapan demi endapan akhirnya mengkristal/mengeras seperti batu karang.

5. Perlu Anda ketahui, bahwa kandung kemih tidak bisa tertekan, sehingga dari situ akan menjadikan air seni yang keluar tidak sempurna. Yang mana tidak adanya dorongan yang bisa mengeluarkan air seni tersebut secara sempurna. Dari situ nantinya akan mengakibatkan masih adanya sisa air seni pada kendung kemih. Berbeda bila anda buang air kecil dengan posisi jongkok, maka kandung kemih bisa tertekan dan proses pembuangan air seni bisa berjalan dengan sempurna.


Demikian lah yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Anda. Apabila ada kekurangan saya mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun. Jangan lupa bagikan yaa.

Penulis : ""

Terima Kasih, Anda telah membaca Artikel ini mengenai

Awas ! Dampak Buruk Jika Kencing Berdiri Bagi Kehidupan.

Semoga Artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.

"Tentang Saya"

Nama Lengkap : Muhammad Asnan. Tempat Tinggal : Pangkalan Brandan, kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Indonesia. Agama : Islam

Follow Saya Di Bawah Ini :

Dapatkan Informasi Seputar Dunia Ilmu Pengetahuan Melalui Email

Komentar Di Bawah Sini :

0 Response to "Awas ! Dampak Buruk Jika Kencing Berdiri Bagi Kehidupan"

Post a Comment

Mohon maaf, jika terjadi pelanggaran yang sudah di tetap kan, kami akan menghapusnya.

Peraturan Berkomentar :

√ Berkomentar lah sesuai dengan artikel di atas
√ Berkomentar lah dengan bahasa yang jelas dan baik
√ Sopan
x Spam
x Link aktif
x Promosi ( iklan )
x Pornografi