Selamat Datang Di Blogger Saya. Semoga Anda Mendapatkan Ilmu Pengetahuan Di Sini Sesuai Dengan Kebutuhan Anda Dan Puas Dengan Isi Artikelnya. Salam Admin :)

" Translate "

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Cepat dan Mudah


Bau badan adalah bau yang sangat tidak nyaman yang dikeluarkan oleh tubuh manusia akibat dari bakteri yang hidup di kulit memecah keringat menjadi asam. Ada pun “bau badan manusia normal” umumnya tidak memiliki bau yang menyengat. Hanya dapat dicium saat hidung didekatkan atau ditempel pada kulit atau tubuh manusia, itu pun sebenarnya bukan bau badan, melainkan aroma khas setiap tubuh. Menurut dunia medis, penyebab bau badan tersebut muncul karena adanya bakteri pada lapisan pori yang tertutup oleh keringat kita. Meski prosentasenya hanya 1 %, namun bakteri tersebut akan mampu memecah protein dan mengubahnya menjadi asam yang menyebabkan bau kurang sedap.

Bagaimana rasanya ketika anda sedang berada dalam satu ruang sempit bersama teman anda, tiba-tiba tercium aroma yang super menyengat hidung anda yang datangnya dari ketiak teman anda tersebut. Apa yang akan anda lakukan? Menahan nafas? Mungkin iya. Atau jika anda orang yang tidak sabar, bisa-bisa marah pada teman anda tersebut. Namun bagaimana jika sebaliknya yang terjadi? Andalah yang ternyata mengeluarkan aroma tidak sedap dari ketiak anda kepada teman anda dalam ruangan tersebut? Bisa kebayang tentunya malunya ya. Belum lagi kalau teman anda itu selain menahan marah, kemudian dia cerita ke teman-teman anda yang lain kalau ketiak anda bau. Lebih parahnya lagi ketika cerita teman anda tersebut sampai di telinga bos anda. Aduh jadi berabe pastinya, bukan kepalang mungkin malu yang anda tanggung. Oleh karena itu mulai sekarang harus menjaga aroma tubuh terutama bagian ketiak.

Cara menghilangkan bau badan secara alami sebenarnya dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus menggunakan obat atau benda lainnya. Bau badan mungkin ada yang sangat tidak terlalu kronis, namun ada banyak yang sudah sangat kronis hingga mengganggu orang sekitar bahkan sampai pergaulan yang menyebabkan kita harus menghilangkan bau tersebut agar tidak mengganggu. Sebenarnya bau badan tidak termasuk kedalam masalah yang serius, akan tetapi jika dibiarkan bau kurang sedap tersebut dapat membuat rasa percaya diri kita turun.

Makanan Penyebab Bau Badan

1. Hindari rempah rempah. Rempah memiliki kandungan sulfur yang berlebihan, kandungan sulfur ini akan dilepas melalui kulit yang dapat berpotensi menyebabkan bau badan.
Contoh : Cabai, bawang putih, bawang merah, lada, cengkeh, kunyit, dan daun sop.

2. Daging merah. Daging merah membuat proses pencernaan tubuh bekerja pada titik maksimum, hal ini menyebabkan keringat berlebihan yang berakibat pada bau badan.
Contoh : Sapi, kambing, domba, dan daging babi

3. Junk Food. Junk food adalah salah satu penyebab bau badan karena dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh serta menyebabkan mereka di proses lebih lama sehingga menyebabkan keringat berlebih. Akumulasi makan junk food terlalu banyak tanpa olahraga akan menyebabkan bau badan bertambah parah.

4. Tembakau. Kita sudan mengetahui bahwa bahaya merokok sudah tidak tertandingi, salah satunya adalah menjadi penyebab bau badan. Tembakau yang bercampur dengan keringat akan menyebabkan bau badan.

Tips Menghilangkan Bau Badan

1. Mandi 3x Sehari

Pada dasarnya setiap hari tubuh kita mengeluarkan keringat melalui pori. Dari keringat inilah nanti akan menyebabkan bakteri mudah menempel dan bersarang. Sehingga apabila tidak kamu bersihkan secara rutin, bakteri-bakteri tersebut akan menyebabkan munculnya bau badan. Mandi terbaik untuk menghilangkan bau badan dan bakteri di tubuh adalah 3x sehari.

2. Gunakan Deodorant

Deodorant merupakan produk yang berguna untuk mencegah bau badan, tapi tidak mampu mengurangi keluarnya keringat. Sedangkan antiperspirant bisa kamu gunakan untuk mengurangi keringat. Antara kedua pilihan tersebut saya sarankan untuk memilih deodorant saja. Sebab biasanya antiperspirant terkadang membuat kulit mengalami iritasi, peradangan, dan biang keringat.

3. Ganti Pakaian Secara Rutin

Kamu juga harus selalu rutin mengganti pakaian. Sebab keringat yang menempel di pakaian akan menjadi sarang bakteri penyebab bau badan. Terlebih apabila kamu mengeluarkan banyak keringat sampai membuat baju basah.

4. Batasi Asupan Makanan Tertentu

Beberapa makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya bau badan yang kurang sedap. Makanan tersebut meliputi: bawang, petai, jengkol, daging merah, dan makanan kaleng dengan kandungan gula yang tinggi. Selain itu, minuman berkafein juga dapat menimbulkan bau badan. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar dan terlalu sering.

5. Hindari stress

Dalam suatu penelitian menyebutkan bahwa stress dapat memicu keluarnya keringat berlebih oleh kelenjar apokrin yang dapat menyebabkan bau badan. Perasaan cemas dan marah yang terus menerus juga memicu kelenjar tersebut. Oleh karena itu, hindari stress dan lakukan manajemen terhadap stress yang sedang Anda alami.

6. Air Putih

Konsumsi air putih secara cukup. Jika anda rajin minum air putih, maka sirkulasi air yang ada di tubuh anda akan lancar. Air putih bermanfaat untuk produksi keringat yang sehat tanpa bau. Bandingkan bau keringat anda jika anda lebih besar porsi meminum air selain air putih. Minumlah air putih dengan cukup paling tidak dalam sehari minimal delapan gelas.

7. Olahraga secara teratur

Olahraga akan menyebabkan anda mengeluarkan banyak keringat, keringat ini biasanya akan menyebabkan tubuh bersih sehingga bebas dari bau badan.

Penyebab Bau badan

Penyebab bau badan yang paling utama adalah keringat, selain itu masih ada banyak lagi penyebab lainnya yang harus kita waspadai, berikut adalah penyebab bau badan yang sangat kronis.
1. Keringat
2. Tidak menjaga kebersihan kulit
3. Penyakit tertentu seperti diabetes

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

1. Daun Sirih

Mungkin kita lebih mengenal daun sirih itu baik untuk perawatan daerah organ kewanitaan. Namun ternyata selain itu, kandungan anti bakteri dan antiseptik dalam daun herbal ini juga baik untuk mengatasi bau badan kamu.

Caranya yaitu :

1. Tumbuk daun tersebut sampai halus
2. Oleskan keseluruh bagian tubuh
3. Diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan mandi air hangat

2. Cuka Putih

Memang benar cuka memiliki bau asam yang cukup menyengat. Akan tetapi sebenarnya kandungan asam pada cuka tersebut dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau keringat kamu.

Caranya Yaitu :

Cara 1 : Teteskan cuka secukupnya di atas kapas. Lalu gunakan kapas tersebut untuk menggosok pada bagian ketiak secara merata.
Cara 2 : Teteskan langsung cuka tersebut pada bagian lipatan-lipatan tubuh yang dianggap bau. Mulai dari lipatan lutut, lipatan lengan (ketiak), dan lain sebagainya.

3. Jeruk Nipis atau Lemon

Tidak bisa dipungkiri memang, jeruk nipis dan lemon memiliki manfaat sangat besar bagi kita. Kedua bahan tersebut dapat kita gunakan untuk mengatasi bau badan. Hal ini dapat terjadi mengingat lemon mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau keringat.

4. Cengkeh

Berbicara mengenai kandungan antibakterial, cengkih juga termasuk kedalam bahan tradisional yang mengandung senyawa tersebut. Tidak hanya itu saja, cengkih juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang bertindak mencegah adanya peradangan.

5. Jahe

Jahe bagi orang Indonesia merupakan rempah yang kaya akan manfaat. Biasanya rempah satu ini dimanfaatkan untuk penghangat tubuh, tapi ternyata konsumsi wedang jahe secara rutin juga baik untuk menghilangkan bau badan. Apabila tidak ada wedang jahe, kamu bisa merebus jahe kemudian menambahkan sedikit gula agar lebih nikmat.

6. Mentimun

Ketimun, mentimun, atau timun merupakan sayuran yang sering digunakan dalam perawatan kecantikan. Sayur satu ini identik dengan kandungan airnya yang cukup tinggi. Selain bermanfaat untuk merawat kecantikan, kandungan antibakterial pada timun juga bisa membantu menghilangkan bau badan kamu.

Caranya Yaitu :

1. Potong buah mentimun yang masih segar menjadi beberapa bagian
2. Gosokan bagian-bagian tersebut secara lembut ke kulit ketiak sehabis mandi

7. Konsumsi Daun kemangi

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini. Yup, kemangi sering digunakan sebagai lalapan ketika mengonsumsi pecel, lele bakar, ataupun makanan lainnya. Aromanya yang khas dari daun kemangi sangatlah baik untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu, kandungan mineral dan antibakterial pada daun kemangi juga dipercaya dapat membantu mengatasi bau badan.

Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu mengonsumsi daun kemangi secara rutin. Apabila kurang suka, kamu dapat mengonsumsinya bersama dengan makanan lain seperti layaknya lalapan pada umumnya.

8. Daun Jambu Biji

Ambilah daun jambu biji yang masih segar, kemudian tumbuk daun tersebut dengan menggunakan cobek atau bisa juga diblender sampai halus. Oleskan halusan tersebut secara merata pada bagian ketiak. Kandungan mineral dan antibakteri pada jambu biji akan membunuh kuman penyebab bau badan.

9. Gunakan baking soda

Baking soda dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan karena kemampuannya yang dapat diandalkan dalam menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

Caranya Yaitu :

1. Ambil 1 sendok teh baking soda.
2 .Campurkan dengan 1 sendok teh sari lemon.
3. Oleskan campuran tersebut pada area tubuh yang sering mengeluarkan keringat berlebih terutama di daerah ketiak.
4. Diamkan selama 5-10 menit (jangan digosok).
5. Bilas dengan menggunakan air besih.

10. Bawang putih

Sama halnya seperti cengkeh, bawang putih juga menjadi penyebab bau badan, namun jika digunakan untuk obat luar, justru lebih baik. Karena herbal ini memiliki kandungan antioksidan yang ampuh untuk mengatasi bau badan. Anda cukup mengiris bawang putih dan oleskan pada ketiak.


Beberapa cara menghilangkan bau badan sudah dijelaskan secara lengkap di atas. Selain beberapa bahan alami yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa tanaman lain yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau badan, mungkin salah satunya dapat bermanfaat dan dapat menghilangkan bau pada badan dan tubuh anda.

Penulis : ""

Terima Kasih, Anda telah membaca Artikel ini mengenai

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Cepat dan Mudah.

Semoga Artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.

"Tentang Saya"

Nama Lengkap : Muhammad Asnan. Tempat Tinggal : Pangkalan Brandan, kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Indonesia. Agama : Islam

Follow Saya Di Bawah Ini :

Dapatkan Informasi Seputar Dunia Ilmu Pengetahuan Melalui Email

Komentar Di Bawah Sini :

0 Response to "Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Cepat dan Mudah"

Post a Comment

Mohon maaf, jika terjadi pelanggaran yang sudah di tetap kan, kami akan menghapusnya.

Peraturan Berkomentar :

√ Berkomentar lah sesuai dengan artikel di atas
√ Berkomentar lah dengan bahasa yang jelas dan baik
√ Sopan
x Spam
x Link aktif
x Promosi ( iklan )
x Pornografi