Selamat Datang Di Blogger Saya. Semoga Anda Mendapatkan Ilmu Pengetahuan Di Sini Sesuai Dengan Kebutuhan Anda Dan Puas Dengan Isi Artikelnya. Salam Admin :)

" Translate "

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dalam 1 Hari


Panu atau disebut juga tinea versicolor adalah sebuah penyakit kulit yang pada umumnya hampir semua orang pernah mengalaminya. Panu disebabkan oleh pertumbuhan jamur pada kulit manusia dan biasanya penyakit kulit ini sering sekali mengendap didaerah bagian wajah, leher, tangan, bahu dan punggung. Dampak dari panu ini sangat menjengkelkan terutama bila panu berada di daerah wajah, ini akan menjadi suatu hal yang biasanya membuat orang tersebut merasa malu karena panu dianggap juga sebagai penyakit kulit akibat kurang kebersihan tubuh.
Jenis spesies jamur yang menyebabkan munculnya panu bernama candida albicans. Hampir setiap orang pasti sudah pernah terserang penyakit panuan ini. Baik anak-anak ataupun orang dewasa memiliki peluang yang sama terkena panu. Panu bersifat menular dimana jamur ini akan terus tumbuh dan menjalar kebagian tubuh lainnya. Penderita panu juga akan sedikit menjadi masalah yang mengganggu kulit kita karena biasanya akan menyebabkan gatal-gatal apalagi saat berkeringat. Rasanya ingin sekali menggaruk daerah panu tersebut, tapi kata orang menggaruk dapat membuat panu menyebar. Tidak hanya menyebar di tubuh sendiri, namun juga menyebar ke kulit orang lain.

Faktor Penyebab Panu
Adapun penyebab-penyebab munculnya panu antara lain:

1. Suhu udara yang terlalu lembab
Ketika suhu udara lembab, baju yang kita kenakan akan meresap air/embun. Sehingga membuat daerah kulit ikut lembab dan munculan panuan.

2. Suhu yang terlalu panas
Suhu panas dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak keringat. Apabila kita jarang membersihkan tubuh berkeringat, jamur akan tumbuh pada bagian kulit dengan mudah.

3. Konsumsi makanan-makanan tertentu
Makanan berlemak dan berkolesterol tinggi lebih berpotensi menyebabkan munculnya pertumbuhan jamur di kulit.

4. Jarang ganti baju dan mandi
Inilah penyebab panu yang paling sering. Jarang mandi menyebabkan jamur tumbuh dengan lebat pada bagian kulit. Mulai dari punggung, bahu, sampai dengan wajah.

5. Menggunakan handuk kotor
Handuk orang lain (penderita panu) dan handuk kotor bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada bagian kulit. Biasanya munculnya panu akibat handuk terletak pada bagian punggung dan leher.

Menghilangkan panu bisa dengan menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek. Namun biasanya obat-obat tersebut memiliki efek samping, apalagi jika digunakan pada wajah. Untuk itu sebaiknya anda menggunakan bahan-bahan alami untuk membasmi panu di wajah secara permanen karena bahan alami tidak memiliki efek samping dan aman bagi wajah Anda.

Tips Mencegah Agar Panu Tak Datang Lagi
1. Mandi secara teratur sebanyak minimal 3 kali sehari
2. Selalu ganti pakaian kamu setiap harinya, terutama apabila basah dan terkena keringat
3. Hindarilah mengenakan baju terlalu ketat, pilih yang longgar saja
4. Jangan menggunakan handuk kotor dan handuk milik orang lain, terutama jika dia menderita panu sebelumnya
5. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat
6. Jangan berada terlalu lama dibawah sinar matahari langsung

Cara Menghilangkan Panu Alami Dengan Cara Kasar

1. Bawang Putih
Khasiat bawang putih ini memang sangat luar biasa karena kandungan bawah putih mempunyai senyawa anti-bakteri yang mampu membunuh segala jenis jamur dan kuman terutama pada kulit. Cara menghilangkan panu dengan bawang putih juga dinilai mudah dan banyak digemari. Sebab itu, dibanding bahan alami lain, bawang putih lebih banyak dipilih karena dinilai paling efektif dan cepat.

Caranya Yaitu  : 
1. Ambilah 1 siung bawang putih
2. Kemudian potong bawang putih menjadi dua bagian.
3. Gosoklah bagian dalam bawang putih ini pada area panu sampai kulit agak memerah dan terasa sedikit perih.
4. Tahan saja perihnya, bila rasa perih sudah menghilang lanjutkan menggosok lagi sampai kulit memerah dan terasa perih lagi.
5. Setelah itu biarkan sejenak sampai bakteri jamur ini mati.

Perlu diingat : Cara menghilangkan panu ini akan menimbulkan rasa perih yang teramat sangat. Namun tak usah khawatir, rasa perih tersebut bersumber dari reaksi kulit akibat antibiotik yang bersinggungan dengan jamur. Jika Anda tak kuat dengan rasa perih tersebut, Anda bisa menghentikan cara ini untuk sementara waktu. Jika rasa perih tersebut sudah hilang, Anda bisa lanjutkan cara ini sampai kulit memerah dan bawang mengering.

2. Lengkuas dan Garam
Lengkuas juga sudah banyak digunakan oleh nenek moyang kita dari dulu untuk mengatasi penyakit kulit seperti panu.
Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid yang berguna untuk mengatasi bakteri serta jamur. Tapi sama halnya dengan antibakteri yang terdapat pada bawang putih, kedua zat ini pun akan menimbulkan rasa perih jika bersinggungan dengan jamur.

Caranya Yaitu :
1. Siapkan terlebih dahulu 1 batang lengkuas segar
2. Belah batang lengkuas tadi menjadi 2 bagian
3. Sebelum menggosokan, taburi dulu permukaan potongan dengan garam
4. Mulailah menggosokan potongan lengkuas tadi pada bagian panu
5. Rasa perih akan muncul, tapi usahakan menahannya
6. Setelah hilang oleskan lagi sampai 2-3 kali.

Perlu diingat : Sama halnya dengan cara menghilangkan panu dengan bawang putih, jika Anda tak kuat dengan rasa perihnya, Anda bisa berhenti untuk sementara waktu dan  melanjutkannya jika sudah kembali siap.

Cara Menghilangkan Panu Alami Dengan Cara Halus

1. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih
Konon banyak orang yang menggunakan belimbing wuluh dan kapur sirih untuk menghilangkan panu. Kombinasi campuran belimbing wuluh bersama kapur sirih akan menjadi bahan yang sangat efektif dan ampuh untuk mengatasi panu dan jamur. buah yang merupakan kaya kandungan vitamin C.

Caranya Yaitu :
1. Siapkan satu buah belimbing dan satu sendok teh kapur sirih.
2. Cuci belimbing dengan air bersih.
3. Haluskan belimbing bersama dengan kapur sirih hingga berbentuk pasta.
4. Oleskan campuran tersebut ke kulit wajah yang terserang panu.
5. Diamkan 15 menit hingga mengering, lalu bilaslah dengan air bersih.
6. Lakukanlah 2-3 kali sehari selama kurang lebih seminggu hingga kelihatan hasilnya.

2. Jeruk Nipis dan Belerang
Kandungan ekstrak vitamin C jeruk nipis dan mineral cukup tinggi. Di samping itu, kandungan mineral yang tinggi pada belerang juga berperan aktif dalam menyehatkan kulit dan membunuh jamur. Tapi, walau cara menghilangkan panu ini dinilai baik, pengadaan belerang sulit di beberapa daerah membuat cara ini ditinggalkan. Tapi terlepas daripada itu, cara ini sendiri tergolong mudah karena hanya menerapkan perawatan ringan untuk menghilangkan belerang.

Caranya Yaitu :
1. Tumbuk halus belerang secukupnya.
2. campurkan dengan perasan air jeruk nipis
3. kemudian aduk rata dan oleskan pada panu.
4. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari secara rutin.

3. Jahe
Jahe sendiri banyak digunakan dalam cara menghilangkan panu zaman dulu. Konon, jahe adalah bahan yang efektif dan bagus untuk mengusir jamur penyebab panu. Walau demikian, rasa perih dan sakit akibat penggunaan jahe sendiri dinilai sangat buruk. Hal itu menempatkan metode ini sebagai salah satu metode kasar yang bisa digunakan dalam mengusir panu.

Caranya Yaitu :
1. Siapkan beberapa buah jahe yang masih segar.
2. Setelah itu belah secara vertikal (Pastikan cairan jahe keluar dan bisa digunakan).
3. Jika sudah, gosokkan jahe tersebut ke bagian kulit yang terdapat panu. Lakukan hingga jahe mengering.

Perlu diingat : Cara menghilangkan panu dengan jahe sendiri berakibat pada merahnya kulit dan munculnya kesan perih. Jika hal itu terjadi, Anda bisa hentikan perawatan sampai sekiranya siap untuk melanjutkannya kembali.


Bagaimana? Mudah bukan cara-caranya ? Apakah Anda tertarik untuk mencoba? Jika demikian, silahkan terapkan cara di atas.

Penulis : ""

Terima Kasih, Anda telah membaca Artikel ini mengenai

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dalam 1 Hari.

Semoga Artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.

"Tentang Saya"

Nama Lengkap : Muhammad Asnan. Tempat Tinggal : Pangkalan Brandan, kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Indonesia. Agama : Islam

Follow Saya Di Bawah Ini :

Dapatkan Informasi Seputar Dunia Ilmu Pengetahuan Melalui Email

Komentar Di Bawah Sini :

0 Response to "Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dalam 1 Hari"

Post a Comment

Mohon maaf, jika terjadi pelanggaran yang sudah di tetap kan, kami akan menghapusnya.

Peraturan Berkomentar :

√ Berkomentar lah sesuai dengan artikel di atas
√ Berkomentar lah dengan bahasa yang jelas dan baik
√ Sopan
x Spam
x Link aktif
x Promosi ( iklan )
x Pornografi