Selamat Datang Di Blogger Saya. Semoga Anda Mendapatkan Ilmu Pengetahuan Di Sini Sesuai Dengan Kebutuhan Anda Dan Puas Dengan Isi Artikelnya. Salam Admin :)

" Translate "

Waspada ! 18 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Mematikan


Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan memang sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual di pasaran. Hampir setiap perokok pada dasarnya sudah mengetahui beberapa bahaya yang bisa disebabkan oleh rokok. Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit yang tentunya dapat memengaruhi kesehatan perokok secara umum. Dengan berhenti melakukan kebiasaan merokok, manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun dalam jangka panjang. Beberapa bahaya yang sudah tertera mulai dari penyakit jantung hingga disebutkan juga dapat menyebabkan kematian tetap tidak membuat para perokok apalagi mereka yang sudah termasuk perokok akut tidak bergeming. 

Tahukah anda, jika jumlah kematian yang di akibatkan oleh rokok mencapai kurang lebih 239.000 kematian? Angka ini hampir sama dengan jumlah kematian yang diakibatkan oleh tsunami Aceh pada tahun 2004. Besarnya bahaya merokok sebenarnya sudah disadari oleh para perokok, hal ini karena pada setiap bungkus rokok terdapat peringatan mengenai bahaya yang ditimbulkan dari merokok. Tetapi, hal tersebut sering kali kuatnya ketergantungan terhadap rokok bagi perokok yang dapat membuat tidak mau berhenti untuk menghisapnya.

Kandungan Berbahaya di Dalam Rokok
1. Acetone, zat yang biasa ditemukan di dalam pembersih kuku.
2. Acetic Acid, zat yang biasa digunakan dalam pewarna rambut.
3. Amonia, zat yang digunakan untuk pembersih rumah.
4. Arsenic, zat yang digunakan untuk racun tikus.
5. Butane, digunakan untuk pembuatan cairan pemutih
6. Benzene, ditemukan di dalam produksi karet
7. Formaldehyde, sebagai zat yang digunakan dalam proses pembalseman.
8. Carbon Monoxide, gas yang dihasilkan dari proses pembakaran.
9. Cadmium, sebagai komponen aktif di dalam baterai
10. Methanol, bahan bakar utama roket. 
11. Toluene, digunakan untuk membuat cat.
12. Lead, digunakan pada komposisi pembuat baterai.
13. Nicotine, digunakan sebagai insektisida.
14. Hexamine, ditemukan pada cairan untuk menyalakan arang.
15. Naphthalene, bahan yang digunakan untuk membuat kapur barus.
16. Tar, bahan baku aspal.

Tahukah anda berapa total jumlah seluruh penyakit yang bisa dialami manusia di dunia? Merokok bisa menjadi penyebab dari hampir sebagian besar penyakit tersebut khususnya terkena kanker. Anda tidak menyadari bahwa penyakit kanker sebagian besar disebabkan oleh rokok. 

Antara Lain :
1. Kanker Payudara
2. Kanker Serviks
3. Kanker pankreas
4. Kanker bronkus
5. Kanker kandung kemih
6. Kanker darah
7. Kanker usus
8. Kanker lidah
9. Kanker esophagus
10. Kanker ginjal
11. Kanker laring
12. Kanker liver
13. Kanker Orofaring
14. Kanker Perut
15. Kanker trachea

Berikut ini beberapa bahaya merokok yang dapat saya sajikan yang mengancam kesehatan Anda, antara lain :

1. Gangguan Pernafasan
Bahaya merokok dapat meningkatkan resiko kematian karena penyakit paru-paru yang kronis sampai 10 kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru-paru kronis disebabkan karena merokok.

2. Resiko Penyakit Stroke
Menurut penelitian, resiko penyakit stroke meningkat dua kali hingga empat kali lehib tinggi pada seorang perokok dibandingkan pada mereka yang tidak merokok. Penyakit stroke ini merupakan salah satu penyebab tertinggi banyak kematian di dunia. Stroke terjadi apabila aliran darah di otak mengalami pembekuan yang disebabkan zat-zat yang menjadi kandungan rokok. Jika terus berlanjut, darah yang membeku ini selanjutnya bisa menyebabkan seseorang mengalami stroke. Karena aliran darah yang membeku ini akan menghalangi aliran darah di otak.

3. Kanker
Merokok dapat menyebabkan sekitar 90% kematian akibat kanker paru-paru pada pria serta 80% pada wanita. Resiko kematian karena faktor kanker paru-paru dapat 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita yang merokok dibandingkan pada mereka yang bukan tidak merokok. Pada sebuah riset menunjukkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker paru-paru dibandingkan bukan perokok pada umumnya. Bahaya merokok juga dapat menyebabkan kanker kantung kencing, ginjal, faring, esopagus, rongga mulut, serviks, pita suara, pankreas, dan perut.

4. Mengganggu Aliran Darah
Nikotin dan zat-zat lainnya yang memiliki sifat membahayakan bagi tubuh dapat menjadi penyebab kerusakan pada pembuluh darah. Jika zat-zat dari rokok tersebut masuk ke dalam tubuh, kerusakan pada pembuluh darah akan mengakibatkan pembuluh darah menebal dan menjadi lebih sempit sehingga dapat menyumbat aliran darah. Penyumbatan aliran darah inilah yang nantinya akan mengakibatkan penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan organ kardiovaskular. Bahkan, aliran darah menuju organ-organ tubuh yang memiliki fungsi primer dalam tubuh dapat juga terhalangi. Selain penyumbatan aliran darah, darah juga dapat membeku. Bila terjadi hal seperti ini, dampak fatal yaitu kematian bisa saja terjadi.

5. Penyakit jantung
Merokok dapat menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi seperti ini merupakan penumpukan zat lemak pada arteri, lemak dan plak memblok aliran darah serta dapat membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras dan tekanan ekstra yang pada akhirnya menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika salah satu arteri atau bahkan lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung mungkin dapat terjadi.

6. Penyakit Paru-paru
Resiko terserang penyakit paru-paru dapat meningkat pada seorang perokok. Merokok seperti diketahui sama saja seorang perokok menghirup zat-zat berbahaya dan secara sengaja ‘memasukan’ zat-zat berbahaya tersebut kedalam tubuh. Dalam hal ini paru-paru adalah organ yang berkaitan dengan aktifitas merokok seseorang. Masuknya zat-zat berbahaya di dalam rokok akan memilki dampak yang sangat berbahaya pula pada paru-paru. Penyakit paru-paru terjadi diakibatkan karena kerusakan yang terjadi pada sistem aliran udara di dalam paru-paru dan dalam beberapa kasus, kantung-kantung udara bisa terbentuk di dalam paru-paru seorang perokok.

7.  Gangguan Janin
Kebiasaan merokok juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin yang terdapat dalam kandungan, termasuk kemandulan, keguguran, kematian janin, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta sindrom kematian mendadak bayi.

8. Menyebabkab Bayi Lahir Cacat
Bagi setiap orang yang sudah menikah, memiliki seorang bayi merupakan satu hal yang paling ditunggu. Tentu setiap pasangan menginginkan bayi yang sempurna. Untuk itu, jika anda menginginkan bayi yang sempurna seluruh anggota tubuhnya, jangan merokok. Ini karena merokok akan sangat membahayakan kesehatan si bayi. Selain itu, ibu yang sedang mengandung bisa kehilangan bayi di dalam kandungannya. Dan ini juga bisa disebabkan oleh rokok.

9. Menyebabkan Kebutaan
Bahaya merokok dapat meningkatkan resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami pada orang tua. Dalam studi yg diterbitkan 'Archives of Ophthalmology' orang yang merokok 4 kali lebih mungkin dibandingkan dengan orang-orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yangg merusak makula, pusat retina, serta dapat menghancurkan penglihatan sentral tajam.

10. Penyakit Mulut
Pasti anda pernah mengobrol dengan seorang perokok bukan? Tidak jarang bau mulut tercium di hidung anda. Ya, seorang perokok dapat mengalami penyakit mulut bahkan gigi dan salah satunya adalah bau mulut ini.

11. Berbahaya Pada Sistem Reproduksi Pada Pria
Impotensi adalah masalah yang banyak dialami kaum pria. Salah satu penyebab dari impotensi ini adalah merokok. Dan pada pria, merokok bisa berpengaruh pada produksi sperma pria. Sehingga, hal ini akan sangat mempengaruhi kesuburan pria perokok tersebut.

12. Menyebabkan Radang Sendi
Radang sendi atau dikenal dalam bahasa medis dengan istilah Rheumatoid Arthritis dapat disebabkan oleh merokok. Pada keadaan seperti ini seorang perokok mengalami kurang kekebalan tubuh.

13. Menyebabkan Asma
Jika anda menderita penyakit asma, jangan pernah coba-coba merokok. Merokok yang artinya anda menghirup zat-zat berbahaya bisa mendorong penyakit asma anda sehingga menjadi kambuh. Tembakau sebagai bahan utama rokok akan membuat penyakit asma lebih parah.

14. Diabetes
Kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko terkena diabetes ungkap Menurut Cleveland Clinic,. Bahaya rokok juga menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit jantung, penyakit mata , stroke, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah, dan masalah kaki.

15. Kematian Usia Dini
Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa penyakit yang disebabkan oleh merokok dapat membuat anda lebih dini bertemu dengan AKHIRAT. Riset telah membuktikan bahwa seorang perokok memiliki rentan usia yang lebih pendek dibandingkan yang non perokok.

16. Menyebabkan Penuaan Dini
Bagi perokok akan lebih mudah mendapatkan keriput dari mereka yang tidak merokok. Ini karena merokok akan mengganggu jaringan pada kulit.

17. Menyebabkan Menurunnya Kualitas Tidur
Sebuah penelitian di Johns Hopkins menemukan seorang perokok selalu merasa kurang dalam tidurnya. Si perokok merasa dirinya tidak tidur nyenyak. Dalam penelitian tersebut dinyatakan jika penyebab dari menurunnya kualitas tidur ini adalah sifat dari zat nicotine yang terkandung di dalam rokok. Menurunnya kualitas tidur akan berdampak pula pada kualitas hidup anda.

18. Menyebabkan Kuku Menguning

Pada orang-orang yang merokok, anda bisa melihat kuku-kuku mereka memiliki warna yang kuning. Ini menandakan kandungan rokok sudah berdampak pada bagian tangan. Dan lebih jauh lagi, hal ini akan merusak penampilan anda. Berhenti merokok akan membuat warna kuku lebih menarik dan cantik.

Penulis : ""

Terima Kasih, Anda telah membaca Artikel ini mengenai

Waspada ! 18 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Mematikan.

Semoga Artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.

"Tentang Saya"

Nama Lengkap : Muhammad Asnan. Tempat Tinggal : Pangkalan Brandan, kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Indonesia. Agama : Islam

Follow Saya Di Bawah Ini :

Dapatkan Informasi Seputar Dunia Ilmu Pengetahuan Melalui Email

Komentar Di Bawah Sini :

0 Response to "Waspada ! 18 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Yang Mematikan"

Post a Comment

Mohon maaf, jika terjadi pelanggaran yang sudah di tetap kan, kami akan menghapusnya.

Peraturan Berkomentar :

√ Berkomentar lah sesuai dengan artikel di atas
√ Berkomentar lah dengan bahasa yang jelas dan baik
√ Sopan
x Spam
x Link aktif
x Promosi ( iklan )
x Pornografi