Selamat Datang Di Blogger Saya. Semoga Anda Mendapatkan Ilmu Pengetahuan Di Sini Sesuai Dengan Kebutuhan Anda Dan Puas Dengan Isi Artikelnya. Salam Admin :)

" Translate "

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat dan Mudah


Secara umum sesak nafas bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari masalah-masalah sepele sampai masalah gangguan kesehatan yang sangat serius. Sesak nafas bisa terjadi pada orang yang tidak sedang sakit. Sesak nafas bisa terjadi karena beberapa hal seperti penyakit asma, alergi, keracunan, stroke, serangan jantung, kecemasan dan kepanikan.Ketika Anda tidak bisa bernafas dengan baik maka tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Bahkan kondisinya bisa menjadi lebih buruk jika jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Awal dari kondisi ini lebih sering diawali dengan sesak nafas. Bernafas memang menjadi salah satu hal yang bisa membuat tubuh kita mendapatkan oksigen. Bernafas dimulai dengan menghirup udara melalui hidung kemudian mengeluarkan nafas dari mulut atau hidung. Ketika Anda tidak bisa bernafas dengan baik maka tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Bahkan kondisinya bisa menjadi lebih buruk jika jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Awal dari kondisi ini lebih sering diawali dengan sesak nafas. 

Sesak nafas atau dalam bahasa medis disebut dispnea, tentu sangat mengganggu aktivitas. Sesak nafas itu sendiri merupakan suatu keadaan dimana respiratory rate (RR) atau pola nafas seseorang lebih dari normal yaitu 16 sampai 20 kali per menit.  Untuk mengatasi sesak nafas ada berbagai cara mulai dari yang tidak memakai obat sampai menggunakan obat. Untuk mengatasi sesak nafas, terlebih dahulu sobat harus mengetahui apa penyebab dari terjadinya sesak nafas sehingga penanganan yang diberikan tepat karena beda penyebab pasti beda penanganan. Tetapi, penyakit sesak nafas ini biasa menyerang saat udara dingin. Sesak nafas banyak dianggap remeh, padahal apabila tidak ditangani dengan cepat penyakit ini bisa menjadi parah bahkan menyebabkan kematian.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi sesak nafas yaitu:

1. Berikan Kondisi yang Nyaman
Terkadang sesak nafas juga bisa terjadi karena kondisi sekitar terlalu ramai atau bahkan berdesakan. Justru apabila semakin banyak orang yang ada di sekitarnya, udara akan semakin pengap karena jumlah oksigen pasti akan berkurang. Apalagi jika orang tersebut berada di dalam sebuah ruangan yang sempit.

2. Lakukan Posisi Duduk Bersandar
Anda juga bisa mencoba untuk mengatasi sesak nafas dengan mencoba bersandar di dinding atau tempat tidur. Cara ini bisa dilakukan dengan posisi kaki yang rata ke bagian tanah atau tempat tidur. Kemudian busungkan bagian dada ke depan sedikit. Setelah itu letakkan tangan di kedua sisi tubuh dan letakkan bagian kepala pada bantal. Posisi ini akan membantu Anda bisa menghirup nafas dengan lebih baik.

3. Tarik Nafas dalam dan Panjang
Cara ini dinilai cukup efektif sebagai cara mengatasi sesak nafas karena batuk atau karena kondisi gangguan kesehatan lainnya. Saat menarik nafas, tahanlah selama kurang lebih 3 detik, kemudian hembuskan secara perlahan. Lakukan hal ini beberapa kali sampai orang tersebut merasa lebih nyaman. Namun jika masih kesulitan bernafas, cobalah berikan segelas air hangat terlebih dahulu. Ada kemungkinan pernafasannya terganggu akibat ada dahak yang menyumbat atau mengganjal.

4. Latihan Pernafasan Hidung
Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan pernafasan hidung. Cara ini bisa dilakukan ketika sesak nafas menyerang saat dalam berbagai posisi. Anda bisa mencoba untuk menarik nafas dari hidung dalam beberapa hitungan. Kemudian tahan udara yang sudah masuk secara perlahan. Setelah itu cobalah untuk menghembuskan nafas dari bagian mulut. Umumnya cara ini bisa mengurangi sesak nafas dengan menggunakan dua kali tarikan.

5. Latihan Pernafasan Perut
Cara lain untuk mengatasi sesak nafas adalah dengan mencoba melakukan pernafasan dari perut. Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anak-anak dan orang tua. Cara untuk melakukan pernafasan ini adalah dengan menempatkan jari pada bagian bawah tulang dada dan kemudian hirup udara dengan menggerakkan otot diagfragma. Kemudian mulai lakukan pernafasan dari bagian mulut dan menggerakkan perut secara perlahan. Cara ini juga bisa Anda lakukan ketika sedang tidur dengan posisi telentang.

6. Berjalan Lambat Sambil Bernafas Pelan
Anda juga bisa membantu mengendalikan sesak nafas dengan cara berjalan lambat. Setelah Anda mencoba untuk berjalan lambat maka Anda bisa menarik nafas secara perlahan sambil berjalan-jalan. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan fungsi otot diagfragma dan mengembalikan fungsi paru-paru yang sebenarnya. Dengan sering berjalan lambat dan mengatur pernafasan maka kondisi Anda bisa menjadi lebih baik. Jika cara ini sudah bekerja dengan baik maka Anda bisa mencoba cara lain seperti berlari kecil.

7. Jauhkan dari Alergi
Bagi Anda yang punya alergi terhadap sesuatu atau gangguan kesehatan seperti asma, maka cara mengatasi sesak nafas yang harus Anda lakukan adalah menghindari alergen. Misal ada seseorang yang alergi terhadap udara dingin atau debu, maka yang harus Anda lakukan adalah menjauhkan orang tersebut dari alergen. Namun apabila cara ini masih belum berhasil, maka Anda harus memberikan bronchodilator supaya nafas kembali menjadi normal lagi.

8. Cobalah Mengendalikan Stres
Penyebab sesak nafas bukan hanya karena penyakit atau gejala penyakit tertentu. Salah satunya adalah karena tekanan pikiran yang menyebabkan stres. Stres akan menekan pikiran menjadi sangat berat kemudian membuat kapasitas paru-paru tidak seperti semula atau biasanya. Hal ini menyebabkan sesak nafas dan oksigen tidak bisa masuk ke tubuh dengan baik. Untuk mengatasi hal ini maka jalan satu-satunya adalah dengan menurunkan tingkat stres. 

9. Berhenti Merokok
Jika Anda memiliki kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan sesak nafas. Rokok mengandung nikotin yang bisa menyebabkan penumpukan nikotin dalam paru-paru. Bahkan rokok bisa menyebabkan penyakit yang mengganggu paru-paru seperti kanker paru-paru, asma dan penyakit lain. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk berhenti merokok. Program untuk berhenti merokok tidak bisa dilakukan secara mendadak.

10. Minum Air Jahe
Jahe menjadi salah satu bahan alami yang sangat penting untuk melegakan pernafasan dan mengatasi sesak nafas. Jahe mengandung beberapa bahan alami seperti antioksidan yang akan mengatasi infeksi pada saluran pernafasan. Untuk mendapatkan manfaat jahe maka Anda bisa mencoba merebus dua gelas air mineral dengan sepotong ruas jahe. Kemudian rebus hingga mendidih dan minum sepanjang hari. Jahe akan membantu mengatasi sesak nafas yang terjadi karena asma atau flu saat hidung tersumbat.

11. Olahraga Secara Teratur
Banyak orang yang sering menderita sesak nafas kemudian menghindari olahraga. Mereka menganggap bahwa olahraga akan membuat kondisi kesehatan menjadi lebih buruk. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga atau latihan secara rutin. Latihan akan membantu mengelola fungsi paru-paru dan menjaga agar kondisi fisik menjadi lebih baik. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan latihan seperti bersepeda, berlari kecil atau hanya berjalan-jalan santai. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat yang bisa membuat kondisi fisik menurun.

12. Jaga Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal
Kebersihan tempat tinggal juga sangat penting untuk mengatasi sesak nafas secara alami. Kondisi ini harus diperhatikan terutama jika Anda mengalami alergi terhadap debu, bulu binatang, serbuk sari dan beberapa pemicu alergi lain. Anda bisa menjaga kebersihkan dengan membersihkan berbagai perabot secara rutin seperti sofa, tempat tidur, dan semua perabot yang mudah terkena debu. Anda bisa membersihkan dengan menggunakan penyedot debu. Cara ini akan membuat lingkungan tempat tinggal menjadi sangat nyaman dan paru-paru Anda juga menjadi lebih sehat.

13. Istirahat yang Cukup
Kurang tidur atau terlalu lelah juga bisa menyebabkan sesak nafas. Untuk membantu mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba untuk mengatur jadwal istirahat agar menjadi lebih baik. Anda bisa mencoba untuk tidur malam dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan tidur untuk orang dewasa paling tidak selama delapan jam. Bahkan jika Anda merasa sangat lelah pada siang hari maka bisa mencoba untuk tidur siang meskipun hanya sebentar.

14. Pemeriksaan Medis
Orang yang menderita sesak nafas atau sering mendapatkan gejala sesak nafas bisa bisa mencari bantuan medis. Pemeriksaan akan membantu dokter menemukan penyebab sesak nafas dan memberikan resep atau perawatan yang tepat. Jika dokter memberikan obat yang harus diminum secara teratur, maka penderita sesak nafas harus mengikuti anjuran dokter. Selain itu perawatan untuk mencegah sesak nafas juga sangat penting.

Penyebab sesak nafas antara lain yaitu:

1. Keracunan karbonmonoksida.
2. Pneumonia (paru-paru basah).
3. Kanker paru-paru.
4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
5. Gangguan pada jantung seperti gagal jantung, serangan jantung.
6. Cedera yang menyebabkan tulang rusuk patah.
7. Tersedak
8. Gangguan kecemasan atau panik berlebihan.
9. Obesitas
10. Radang selaput paru-paru
11. TBC
12. Keracunan karena makanan atau minuman yang menyebabkan alergi.
13. Pilek.
14. Alergi.
15. Asma.
16. Anemia.
17. Sinusitis.
18. Tuberkulosis.
19. Tekanan Darah Rendah
20. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)



Penulis : ""

Terima Kasih, Anda telah membaca Artikel ini mengenai

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat dan Mudah.

Semoga Artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.

"Tentang Saya"

Nama Lengkap : Muhammad Asnan. Tempat Tinggal : Pangkalan Brandan, kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Indonesia. Agama : Islam

Follow Saya Di Bawah Ini :

Dapatkan Informasi Seputar Dunia Ilmu Pengetahuan Melalui Email

Komentar Di Bawah Sini :

0 Response to "Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat dan Mudah"

Post a Comment

Mohon maaf, jika terjadi pelanggaran yang sudah di tetap kan, kami akan menghapusnya.

Peraturan Berkomentar :

√ Berkomentar lah sesuai dengan artikel di atas
√ Berkomentar lah dengan bahasa yang jelas dan baik
√ Sopan
x Spam
x Link aktif
x Promosi ( iklan )
x Pornografi