Selamat Datang Di Blogger Saya. Semoga Anda Mendapatkan Ilmu Pengetahuan Di Sini Sesuai Dengan Kebutuhan Anda Dan Puas Dengan Isi Artikelnya. Salam Admin :)

" Translate "

12 Cara Diet Sehat Tanpa Harus Berhenti Makan


Siapa sih yang nggak pengen memiliki tubuh ideal ? Saya yakin semua orang pasti menginginkan tubuh ideal dengan berat badan yang ideal juga tentunya.  Selain menjadi daya tarik lawan jenis, kamu pun akan menjadi lebih percaya diri. Apalagi, berat badan berlebih juga membuatmu mudah lelah dan gampang terkena penyakit berbahaya. Bagi sebagaian orang yang memiliki berat badan yang tidak normal atau tidak ideal, biasanya mereka akan melakukan diet. Diet memang merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan, tetapi ada sebagian orang yang melakukan diet tidak sehat dengan mengonsumsi obat diet berbahan kimia dan tidak menerapkan diet sehat sehingga dapat menimbulkan efek samping seperti sakit.

Cara Diet Yang Sehat Tanpa Harus Berhenti Makan

1. Healthy Portion Diet
Diet memang susah-susah gampang, apalagi untukmu yang suka makan. Rasanya menjauh dari makanan kesukaan itu seperti ditinggal kekasih hehe. Namun jangan khawatir, karena sekarang telah hadir healthy portion diet. Program diet ini sangat tepat untuk menentukan takaran karbohidrat, protein, dan lemak dalam menu makananmu sehari-hari. Kamu hanya perlu membagi piringmu menjadi 3 bagian, diantaranya untuk karbohidrat (nasi, ubi, singkong, dll), protein (baik nabati ataupun hewani), dan lemak (daging sapi, ayam, dsb). Jangan lupa juga mengonsumsi sayur dan buah-buahan untuk melancarkan sistem pencernaan sekaligus metabolisme.

2. Diet Paleo
Sudah pernah dengar tentang diet ini? Inti dari diet sehat ini adalah kamu hanya boleh mengonsumsi makanan-makanan alami layaknya manusia gua di jaman prasejarah. Makanan yang dimaksud seperti: Sayuran, Ikan, Daging tanpa lemak, Kacang-kacangan, Minyak nabati, Biji-bijian. Dan untuk makanan yang harus dihindari seperti gula, ubi, garam, biji sereal, produk susu, kentang, serta makanan/minuman olahan karena makanan terasa hambar, dapat kurang tercukupi asupan kalsium serta karbohidrat, dan tentunya mahal karena harus beli makanan organik.

3. Diet Obsessive Corbuzier’s Diet ( OCD )
Prinsip dari diet OCD sebenarnya sangat mudah. Bahkan lebih simpel dibandingkan dengan cara diet lainnya. Kamu hanya perlu mengistirahatkan perut untuk tidak makan selama beberapa waktu tertentu.

Antara Lain :

1). 16 jam puasa –> 8 jam makan sesukanya.
2). 18 jam puasa –> 6 jam makan sesukanya.
3). 20 jam puasa –> 4 jam makan sesukanya.
4). 24 jam puasa –> sekali makan sesukanya.

Selain itu, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan bergizi dengan nutrisi lengkap. Baik itu karbohidrat, protein, vitamin, ataupun lemak. Sedangkan untuk minumnya air putih, teh, dan kopi tanpa gula. Sebagai permulaan kamu bisa berpuasa yang paling ringan yakni 16 jam. Bila kamu ingin berpuasa selama 24 jam, usahakan hanya melakukannya maksimal dua kali selama seminggu. Sudah banyak yang berhasil mendapatkan tubuh ramping dengan diet ini. 

4. Diet Mayo
Diet ini menekankan pantangan makan garam atau makanan yang asin selama 2 minggu. Diet mayo mengatur pola makan sehari-hari dengan makanan tinggi protein, rendah kalori, hingga tanpa karbohidrat. Menurut Mayo Clinic, diet ini mampu mengubah kondisi kimiawi dalam tubuhmu menjadi lebih baik lho. Akan tetapi selama 14 hari, kamu wajib menaati semua aturan dari diet mayo ini. Jika di tengah jalan kamu melanggar sedikit saja, maka kamu harus mengulang dari awal lagi. Diet ini juga nggak terlalu menyiksa kok, kamu cukup melakukannya sekali dalam setahun itu sudah bagus. Mungkin kamu akan mengalami rasa lemas, namun jangan khawatir sebab masih ada cadangan energi dari gula yang kamu konsumsi. Di sisi lain, kamu WAJIB mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Air putih sangat baik untuk mengoptimalkan metabolisme dalam tubuh.

5. Mengonsumsi Banyak Air Putih
Banyak praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. Memperbanyak mengonsumsi air putih dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan.

6. Diet Atkins
Dengan cara diet ini kamu sama sekali tidak boleh mengonsumsi karbohidrat dan lebih banyak makan makanan yang mengandung lemak serta protein. Intinya saat kamu merasa lapar karena tidak mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan membakar lemak untuk membuat energi.

7. Diet Dash
Sama halnya dengan diet mayo, DASH juga berasal dari Amerika. Program diet yang diformulasikan oleh cabang NIH (National Institute of Health) ini punya 2 fase. Fase pertama berlangsung selama 2 minggu. Dalam fase ini konsumsi karbohidratmu harus dikurangi agar sistem metabolisme bisa di-reset ulang.

Fase pertama adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak konsumsi protein dari makanan daging dan minum susu. Kamu masih boleh kok mengonsumsi sayur, seperti mentimun, tomat, dan bayam. Yang terpenting adalah hindari buah dan makanan yang banyak mengandung sodium misalnya seperti keju. Setelah fase pertama, tubuhmu akan memiliki pola metabolisme yang baru. Kamu bisa kembali memperkenalkan perut dengan karbohidrat, buah-buahan, serta sayuran. Ini juga diakui oleh banyak dokter sebagai diet terbaik diantara 29 program diet lainnya.

8. Olahraga
Salah satu kegiatan yang harus dilakukan saat diet adalah olahraga. Lakukan olahraga secara rutin untuk membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu jogging, jalan santai, senam aerobik, atau olahraga lainnya. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu maka sempatkanlah untuk berjalan kaki menaiki tangga seperti saat di kantor, jangan menggunakan lift karena dengan menaiki tangga dapat membakar lemak yang dalam tubuh dengan cepat.

9. Food Combining Diet ( FCD )
Food Combining Diet ( FCD ) merupakan sebuah konsep yang mengacu pada fakta bahwa setiap makanan memiliki waktu cerna dan serap yang berbeda-beda. Jadi, kamu hanya perlu membuat jeda waktu makan untuk beberapa jenis makanan. Dengan kata lain kamu tidak bisa serta merta menyantap nasi, lauk pauk, sayuran, dan buah sekaligus dalam waktu yang sama. Dalam diet food combining kamu diharamkan mengonsumsi makanan asam dan basa dalam waktu bersamaan. Selain itu, kamu juga harus mengunyah makanan sebanyak 25-30 kali supaya lembut. Hal ini bertujuan agar penyerapan nutrisi berjalan efektif.

Masa cerna yang efektif untuk tubuh berikut ini:

1). Pukul 04.00-12.00  adalah waktu pembuangan.
Menu idealnya kamu mengkonsumsi buah-buahan.

2). Pukul 12.00-20.00 adalah waktu mencerna.
Menu idealnya kamu mengkonsumsi karbohidrat bersama protein nabati atau konsumsi protein nabati bersama protein hewani.

3). Pukul 20.00 -04.00 adalah waktu penyerapan.
Menu idealnya kamu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

10. Konsumsi Kacang Pistachio
Mungkin belum semua orang sering mendengar kacang pistachio. Kacang jenis ini biasanya tumbuh di daerah kering seperti Turkmenistan, Azerbajian Barat dan Iran. Kacang Pistachio relatif lebih mahal dari jenis kacang-kacangan yang lain. Kandung protein dalam kacang pistachio adalah sumber protein terbaik yang sangat rendah kalori. 

11. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat
Salah satu cara diet alami dalam 1 minggu adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serta. Makanan ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Makanan kaya serat dapat diperoleh dari buah dan sayuran, diantaranya adalah kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, dan pisang.

12. Memperhatikan Pola Makan Malam
Untuk menurunkan berat badan tidak perlu untuk meninggalkan makan malam tetapi kamu perlu memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga hanya membutuhkan asupan energi dan gula dalam jumlah yang kecil.

Penulis : ""

Terima Kasih, Anda telah membaca Artikel ini mengenai

12 Cara Diet Sehat Tanpa Harus Berhenti Makan.

Semoga Artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.

"Tentang Saya"

Nama Lengkap : Muhammad Asnan. Tempat Tinggal : Pangkalan Brandan, kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Indonesia. Agama : Islam

Follow Saya Di Bawah Ini :

Dapatkan Informasi Seputar Dunia Ilmu Pengetahuan Melalui Email

Komentar Di Bawah Sini :

0 Response to "12 Cara Diet Sehat Tanpa Harus Berhenti Makan"

Post a Comment

Mohon maaf, jika terjadi pelanggaran yang sudah di tetap kan, kami akan menghapusnya.

Peraturan Berkomentar :

√ Berkomentar lah sesuai dengan artikel di atas
√ Berkomentar lah dengan bahasa yang jelas dan baik
√ Sopan
x Spam
x Link aktif
x Promosi ( iklan )
x Pornografi